Sabtu, 30 Agustus 2008

Penulisan Karya Tulis TNIC

Persyaratan Penulisan :
  1. Naskah ditulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baku, minimal 20 halaman dan maksimal 35 halaman. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman tersebut dapat mengurangi penilaian.
  2. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dangan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg,dgn dll,sbb.

Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut:
  1. Bagian Awal
    a.Halaman Judul
    1. Judul diketik dengan huruf besar(kapital), hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan materi yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
    2. Nama penulis dan nomor induk siswa/mahasiswa ditulis dengan jelas
    3. Perguruan Tinggi / sekolah asal ditulis dengan jelas.
    b. Lembar Pengesahan
    1. Lembar pengesahan memuat judul,nama penulis, dan nomor induk
    2. Lembar pengesahan ditandatangani oleh Dosen/Guru Pembimbing, dan Wakil Rektor III/Kepala Sekolah.
    3. Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan
    c. Kata Pengantar dari Penulis
    d. Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar,daftar tabel dan daftar lampiran
    e. Ringkasan karya tulis disusun sebanyak banyaknya dua halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metoda penulisan, pembahasan, kesimpulan dan rekomendasi.
  2. Bagian Inti
    a. Pendahuluan
    Perumusan masalah mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk ditelaah disertai dengan data-data penunjang.
    Uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan
    Mengandung pertanyaan yang akan dijawab melalui penulisan
    Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melaui penulisan.
    b.Telaah Pustaka
    Telaah Pustaka Berisi :
    1. Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikritisi /dibahas
    2. Uraian mengenai pendapat orang lain yang berkaitan dengan cara mencari jalan keluar dari masalah yang diajukan.
    3. Uraian mengenai implementasi kebijakan atau pengalaman-pengalaman yang sudah berhasil diterapkan pada tempat lain.
    c. Metode Penulisan
    Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara / prosedur pengumpulan data dan/atau informasi, pengolahan data dan/atau informasi, analisis-sintesis, mengambil simpulan, serta merumuskan saran atau rekomendasi.
    d. Bagian Isi/Pembahasan
    Analisis permasalahan didasarkan pada data dan/atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan/ide yang kreatif,inovatif, idealis,logis dan dinamis serta realistis untuk dapat diimplementasikan.
    e. Penutup
    1. Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan
    2. Rekomendasi berupa transfer gagasan, langkah-langkah kegiatan untuk menjawab permasalahan dan implemenatasinya di masyarakat.
  3. Bagian Akhir
    a.Daftar pustaka ditulis untuk memberikan informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit dan nama penerbit. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dn nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis nama penulis, tahun penulisan, judul tulisan, alamat web site-nya dan tanggal pengambilan informasi.
    b. Daftar riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, daftar pendidikan, no telephon, karya tulis yang pernah dibuat, penghargaan-penghargan ilmiah yang pernah diraih.
  4. c. Lampiran (jika diperlukan)

Pengetikan

  1. Tata Letak
    a. Karya tulis diketik 1,5 spasi pada kertas berukuran A4, (font 12, Times New Roman style).
    b. Batas pengetikan :
    1. Samping kiri 4 cm
    2. Samping kanan 3 cm
    3.Batas atas dan bawah masing masing 3 cm
    Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya
    Jarak pengetikan antara Bab dan Sub-ban 3 spasi, Sub-bab dan kalimat di bawahnya 2 spasi
    Judul Bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar tanpa digaris-bawahi
    Judul Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang,dari, dan
    Judul anak Sub bab ditulis mulai dari sebelah kiri dangan idensi 5 (lima) pukulan yang diberika garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang,dari, dan
    Jika masih ada sub judul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada butir (3) di atas, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
  2. Pengetikan Kalimat
    Alinea baru diketik dengan jarak 2 spasi dengan baris di atasnya. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan smuanya tanpa diberi tanda petik.
  3. Penomoran Halaman
    a. Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelopmpok, kata pengantar dan daftar isi memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i,ii dan seterusnya).
    b. Bagian tubuh/pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka arap dan diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas (1,2,3 dan seterusnya)
    c. Nomor halaman pertama dari tiap bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan.

Tidak ada komentar: