Sabtu, 30 Agustus 2008

Kegiatan TNIC

The National Innovation Contest of Fisheries and Marine Technology
Kegiatan di IPB dilaksanakan tiga hari. Hari pertama, pembukaan oleh kementerian perikanan dan kelautan dimana konten acara adalah seminar nasional yang diisi oleh pembicara dalam bidang terkait, selain itu diadakan penampilan karya Himpunan Profesi (HIMPRO) FPIK IPB dalam bentuk produk unggulan yang dihasilkan. Peserta seminar adalah undangan, finalis, dan pelajar SMA se-kota Bogor. Hari kedua, adalah presentasi finalis dan seleksi pemenang kompetisi nasional. Hari ketiga, dilaksanakan study tour pemenang lomba dan penutupan acara di Sea World.

Ajang ini diikuti oleh seluruh mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia lintas disiplin ilmu, serta pelajar Sekolah Menengah Atas atau sederajat se-Indonesia. Esensi dari kegiatan ini adalah terwujudnya kompetisi akademik dalm lingkungan pendidikan melalui penggalian ide, peningkatan kreativitas dan kemampuan dalam komunikasi ilmiah. Melalui inovasi teknologi pada empat bidang fokus pengembangan Ristek antara lain:
1. Perikanan dan Pangan
2. Bioteknologi dan Bioenergi Hasil Perairan
3. Teknologi Perikanan Tangkap
4. Teknologi Pertahanan Kelautan

Peserta terdiri atas seratus kelompok mahasiswa dan dua ratus pelajar, peserta wajib menentukan tema inovasi pada salah satu fokus bidang yang dilombakan. Dari karya tulis yang masuk akan diambil sepuluh finalis mahasiswa dan lima finalis pelajar, para finalis selanjutnya akan diundang untuk mempersentasikan karya tulisnya pada tanggal 17 Oktober 2008 bertempat di Auditorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut pertanian Bogor.

Tidak ada komentar: